Sabtu, 02 Maret 2013

Protokol Jaringan Komputer

2

Protokol Jaringan adalah perangkat aturan yang digunakan dalam jaringan, Protokol adalah aturan main yang mengatur komunikasi diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan sehingga komputer-komputer anggota jaringan dan komputer berbeda platform dapat saling berkomunikasi. semua jenis-jenis jaringan komputer menggunakan protokol. Aturan-aturan Protokol adalahtermasuk di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode mengakses sebuah jaringan, topologi fisik, tipe-tipe kabel dan kecepatan transfer data. 

Protokol dapat di misalkan sebagai 2 orang yang berasal dari bangsa yang berbeda akan berdilaog dan berkomunikasi, kemudian keduanya hanya dapat mengerti dan berbicara dengan bahasa kebangsaannya masing-masing, sehingga dapat di pastikan bahwa tujuan dialog dan komunikasi tersebut tidak akan tercapai. Oleh karena itu agar dialog dan komunikasi dapat bverjalan dengan lancar maka masing-masing orang tersebut harus berdialog jasa penterjemah atau protokol. 

Demikian juga halnya 2 komputer dari pabrik yang berbeda ketika akan berkomunikasi dengan caranya masing-masing juga tidak akan terselenggara dialog yang baik. Sehingga agar komunikasi dapat berjalan dengan lancar dan tercapainya dialogyang di mengerti oleh kedua computer tersebut, maka harus menggunakan suatu protokol yang dapat digunakan secara umum. 

Protokol untuk berkomunikasi antar platform

Protokol jaringan pertama kali dirancang pada awal tahun 1970an. Akan tetapi pada saat itu protokol tersebut hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa node saja dan tidak diprediksikan akan tumbuh secara global seperti saat ini. Baru pada awal tahun 1990 an mulai di sadari bahwa internet mulai tumbuh ke seluruh dunia dengan pesat. Sehingga mulai banyak bermunculan berbagi jenis protokol yang di gunakan untuk beberapa kalangan tertentu. Dengan terciptanya banyak jenis protokol, maka timbul suatu masalah baru dimana jenis protokol dari sebuah pabrik tertentu tidak dapat saling berkomunikasi terhadap protokol jenis lain. 

Sehingga pada akhirnya suatu badan, yaitu International Standard Organisation (ISO) membuat standarisasi protokol yang saat ini di kenal dengan protokol model Open System Interconnection atau yang dikenal dengan OSI. Tetapi di karenakan model OSI ini adalah sebgai konsep dasar dan preferensi teori cara bekerja sebuah protokol, dalam perkembangannya protokol TCP/IP di gunakan sebagai standar de facto, yaitu standar yang di terima karena pemakainnya secara sendirinya semakin berkembang. 


Pada awalnya sebuah protokol jaringan diciptakan oleh sebuah perusahaan untuk kepentingan komunikasi antar device (alat) buatan mereka. Kelemahannya adalah timbulnya kesulitan pertukaran informasi apabila alat yang digunakan tidak dibuat oleh satu vendor. Karenanya protokol-protokol jenis ini mulai ditinggalkan dan digantikan oleh protokol standard.

Adapun beberapa contoh protokol company Standard adalah sebagai berikut:

  • Banyan VINES
    Banyan VINES (non original) Chat Interface
Chat GUI Interface
Banyan VINES atau Virtual Integrated network service adalah protokol komputer yang berjalan diatas platform UNIX dan sistem jaringan milik AT&T. Protokol ini didasari oleh protokol Xerox XNS, Novell NetWare, dan ARCNET. Protokol ini didesain oleh tim yang dipimpin James Allchin sekitar tahun 1980-an. 

Dalam membangun jaringan komputer, VINES memetakan alamat client pada VIP (VINES Internetwork Protocol). VIP sangat mirip dengan TCP/IP yang digunakan saat ini. VIP mengggunakan alamat sepanjang 48-bit dengan perincian 32-bit untuk jaringan dan 16-bit untuk alamat host. Keuntungannya, banyan VINES juga menawarkan aplikasi yang dapat mengintegrasikan jaringan Windows NT (NetBEUI), AppleTalk, dan jaringan UNIX ke dalam sebuah jaringan dengan Banyan VINES sebagai pusatnya. Karenanya Banyan VINES dapat diterima secara umum dan dipergunakan di MS-DOS, IBM, dan Machintosh.

  • AppleTalk

Appletalk merupakan protokol jaringan yang dikembangkan oleh Apple Inc sekitar tahun 1980, kemudian dipergunakan pada machintosh pada tahun 1985. Pada awalnya Apple mengembangkan AppleNet yang didasari oleh Xerox XNS. Setelah penemuan perangkat jaringan dasar seperti Ethernet, Token Ring, Dsb. Apple kemudian mengembangkan AppleNet menjadi protokol yang lebih baik dan mendukung pengenalan platform lain sepeti IBM. 

AppleTalk memiliki fitur unggulan seperti share file dan printer. Dalam berkomunikasi AppleTalk menggunakan port serial RS-499/RS-422 yang ada di komputer Machintosh. Seiring dengan penemuan TCP/IP. AplleTalk kini berubah menjadi Apple Open Transport yang mendukung pengalamatan standar internasional. 

===

Banyaknya protokol yang diciptakan oleh perusahaan-perusahaan komputer menyebabkan manusia merasa perlu membuat sebuah protokol standard yang bersifat internasional dan digunakan oleh semua alat komunikasi di dunia.

IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers), merupakan institusi yang melakukan diskusi, riset dan pengembangan terhadap perangkat jaringan yang kemudian menjadi standarisasi untuk digunakan sebagai perangkat jaringan pada bidang teknologi dan industri. Pada awal tahun 1980, IEEE melakukan standarisasi LAN dan MAN. Kemudian sektor ini diamakan 802. Artinya tahun 1980 bulan Februari, yaitu bulan pembentukannya sektor kerja yang menangani standarisasi jaringan komputer internasional.

Seiring perkembangannya, 802 terpecah menjadi beberapa bagian. Yaitu:
Unit
Bidang
802.1
Higher Layer LAN Protocols Working Group
802.3
Ethernet Working Group
802.11
Wireless LAN Working Group
802.15
Wireless Personal Area Network (WPAN) Working Group
802.16
Broadband Wireless Access Working Group
802.17
Resilent Packet Ring Working Group
802.18
Radio Regulator TAG
802.19
Coexistence TAG
802.20
Mobile Broadband Wireless Access (MBWA) Working Group
802.21
Media Independent Handoftt Working Group
802.22
Wireless Regional Area Network
Dengan adanya IEEE, berbagai protokol jaringan distandarisasi dan dikembangkan agar dapat diterapkan secara global. Muncullah Protokol-protokol yang berlaku saat ini seperti TCP/IP, Ethernet, dan sebagainya. 

====================

Artikel ini diterjemahkan, diedit, dan  diketik ulang dari berbagai web:
Wikipedia Internasional, Wikipedia Indonesia, Arifin-Telkom, Indiezrya, hardwaresecrets.comabandonemicrosoft.net, dan sumber-sumber lainnya.

====================

Anda bisa mendownload berkas ini (pdf file) melalui link: http://www.mediafire.com/view/?w1xhtp6y5ycqfbn.

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - You can see our full credit here